4shared

Powered By Blogger

Jumat, 11 Mei 2012


MAKALAH
MIKROBIOLOGI PANGAN
FOODBORNE DISEASE (PENYAKIT BAWAAN MAKANAN)
VIRUS HEPATITIS A


Disusun oleh :
Nadia Savitri                                     22030110120012
Rahma Teta Amelinda                   22030110120013
Evi Nurhayati Desrini                      22030110120014


PROGAM STUDI ILMU GIZI
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Makanan merupakan salah satu kebutuhan utama manusia untuk dapat bertahan hidup.Dari makanan inilah zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Namun, selain memberikan dampak yang positif, makanan juga dapat menjadi sesuatu yang membawa dampak negatif apabila salah cara mengolah dan juga kurangnya keamanan dalam proses pengolahan. Dari sinilah berbagai penyebab penyakit dapat terbawa oleh makanan kemudian mengganggu fungsi tubuh saat dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh.Hal ini biasanya disebut dengan penyakit bawaan makanan atau foodborne disease.
Foodborne disease adalah penyakit yang disebabkan karenamengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar.Foodborne disease disebabkan oleh berbagai macammikroorganisme atau mikroba patogen yangmengkontaminasi makanan2. Selain itu, zat kimiaberacun, atau zat berbahaya lain dapat menyebabkanfoodborne disease jika zat-zat tersebut terdapat dalammakanan. Makanan yang berasal baik dari hewanmaupun tumbuhan dapat berperan sebagai mediapembawa mikroorganisme penyebab penyakit padamanusia.Pada kasus foodborne disease mikroorganisme masuk bersama makanan yang kemudian dicerna dan diserap oleh tubuh manusia.Kasus foodborne disease ini dapat terjadi dari tingkat yang tidak parah sampai tingkat kematian.
            Penyakit ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia.Dalam kehidupannya manusia membutuhkan makanan untuk hidup.Jika tidak memperhatikan kebersihan makanan dan lingkungan, makanan dapat merugikan bagi manusia.Makanan yang berasal baik dari hewan atau tumbuhan dapat berperan sebagai media pembawa mikroorganisme penyebab penyakit pada manusia.
            Ada tiga penyebab utama yang dapat menimbulkan penyakit akibat makanan yaitu kuman, virus, dan racun dalam makanan baik yang alamiah maupun yang dicampurkan1.Contoh mikroorganisme yang termasuk dalam kelompok kuman adalah Salmonella, Campylobacter dan Listeria. Sedangkan yang termasuk ke dalam kelompok virus antara lain Norovirus dan Hepatitis A. Kemudian yang berasal dari racun misalnya racun yang dibuat oleh kuman seperti Staphylococcus aureus atau Bacillus cereus dan Ciguatoxin.
            Pada makalah ini akan membahas tentang foodborne disease yang disebabkan oleh virus. Penularan virus tersebut dapat terjadi karena manusia mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti daging sapi, domba, ayam, kalkun dan susu, dimana hewan tersebut sudah terinfeksi oleh virus tertentu. Virus yang dapat menyebabkan foodborne disease ini dikenal sebagai virus yang tahan panas yang dapat ditularkan melalui susu sehingga tindakan pencegahannya adalah susu dipanaskan dengan pasteurisasi dalam waktu yang lama.
            Salah satu virus yang dapat menularkan penyakit melalui makanan adalah virus hepatitis A. Virus ini terutama menular melalui makanan mentah atau tidak cukup dimasak dan juga makanan yang ditangani atau disiapkan oleh seseorang dengan hepatitis A. Minum air atau es batu yang tercemar dengan kotoran adalah sumber infeksi lain dan juga kerang-kerangan yang tidak cukup dimasak3.

1.2         Rumusan Masalah
·         Apa pengertian Hepatitis?
·         Bagaimana karakteristik virus hepatitis A?
·         Bagaimana sifat virus hepatitis A?
·         Berapa lama masa inkubasi virus hepatitis A?
·         Bagaimana siklus hidup virus hepatitis A?
·         Bagaimana stabilitas virus hepatitis A di makanan?
·         Bagaimana patogenesis hepatitis A?
·         Bagaimana cara mencegah terjadinya penularan virus hepatitis A?

 
1.1         Tujuan
·         Untuk mengetahui pengertian hepatitis
·         Untuk mengetahui karakteristik virus hepatitis A
·         Untuk mengetahui sifat virus hepatitis A
·         Untuk mengetahui lama masa inkubasi virus hepatitis A
·         Untuk mengetahui siklus hidup virus hepatitis A
·         Untuk mengetahui stabilitas virus hepatitis A di makanan
·         Untuk mengetahui pathogenesis hepatitis A
·         Untuk mengetahui cara mencegah terjadinya penularan virus hepatitis A

1.2         Manfaat
·         Mengetahui pengertian hepatitis
·         Mengetahui karakteristik virus hepatitis A
·         Mengetahui sifat virus hepatitis A
·         Mengetahui lama masa inkubasi virus hepatitis A
·         Mengetahui siklus hidup virus hepatitis A
·         Mengetahui stabilitas virus hepatitis A di makanan
·         Mengetahui patogenesis hepatitis A
·         Mengetahui cara mencegah terjadinya penularan virus hepatitis A




Tidak ada komentar:

Posting Komentar