4shared

Powered By Blogger

Senin, 16 April 2012

Saccharomyces Boulardii


PAPER MIKROBIOLOGI PANGAN
Saccharomyces boulardii





KELOMPOK 10

Azhoranezar Ramadhani          22030110120001
Ade Mulyasari                           22030110110009
Argan Caesar Budiatmaja        22030110120037
Nimas Prabaningrum                22030110120040


PROGRAM STUDI ILMU GIZI FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012

            Saccharomyces adalah jenis khamir yang paling banyak digunakan dalam dunia industri. Dalam industri fermentasi yang menggunakan khamir, dikenal istilah khamir liar (wild yeast), yaitu suatu khamir yang digunakan dalam suatu industri, mengkontaminasi industri lain yang menggunakan khamir berbeda. Saccharomyces biasanya berbentuk bulat, oval, memanjang, dan mungkin membentuk pseudomiselium. Reproduksi khamir ini dilakukan dengan cara pertunasan multipolar, atau melalui pembentukan askospora. Spesies yang paling umum digunakan dalam industri makanan adalah S. cerevisiae, misalnya dalam pembuatan roti dan produksi alkohol, anggur, brem, gliserol dan enzim invertase. Spesies lainnya misalnya S. carlsbergensis yaitu suatu khamir dasar yang digunakan dalam pembuatan bir, S. fragilis dan S. lactis dapat melakukan fermentasi terhadap laktosa, S. rouxii dan S. mellis yang bersifat osmofilik. Ada satu jenis spesies lagi yang sangat berperan penting dalam industri obat – obatan yaitu Saccharomyces boulardii.
            Saccharomyces boulardii adalah khamir tropis liar yang ditemukan di Asia pada tahun 1923 oleh penemu dari Perancis bernama Henri Boulard. Saccharomyces boulardii termasuk dalam keluarga yang sama dengan  Saccharomyces cerevisiae namun memiliki perbedaan dalam beberapa taksonomi , metabolisme, tingkatan fisiologisdan sifat genetisnya. S. boulardii adalah ragi liar tropis sedangkan S.cerevisiae umumnya dikenal sebagai ragi pembuat bir atau roti. Terkait erat dengan S. cerevisiae, S.boulardii secara resmi diklasifikasikan sebagai Saccharomyces cerevisiae boulardii var Hansen CBS 5926.  Kedua strain memiliki profil genetik dan enzim yang berbeda. Tidak seperti S. cerevisiae, S. boulardii tidak melakukan reproduksi spora atau yang disebut ascospore dan tidak menggunakan gula galaktosa. Hal ini yang menyebabkan menjadi sangat tahan terhadap panas dan asam dan mengeluarkan sejumlah faktor fisiologis aktif yang unik. S. Boulardii adalah uniseluler (bersel satu) dan berbentuk globuler, bereproduksi dengan tunas yang akan meninggalkan luka pada permukaannya ketika tunas tersebut keluar. S.boulardii digunakan untuk mempertahankan dan mengembalikan flora alami di usus yang diklasifikasikan sebagai probiotik. Probiotik adalah mikroba hidup yang bermanfaat bagi kesehatan manusia dengan cara meningkatkan keseimbangan mikroba di dalam usus.
Saccharomyces boulardii adalah salah satu probiotik yang paling efektif untuk membantu mencegah atau mengobati penyakit. Ini adalah khamir, bukan bakteri seperti probiotik – probiotik lainnya. Sifat Saccharomyces boulardii adalah non-patogen yang bermanfaat banyak dalam saluran usus. Saccharomyces boulardii terisolasi dari kulit leci dan buah manggis yang tumbuh di kawasan Indochina. Saccharomyces boulardii tersebut memiliki taksonomi, fisiologi, metabolik dan karakter genetik yang khas. Dimana Saccharomyces boulardii tumbuh pada daerah dengan suhu 37 derajat celcius. Khamir jenis ini telah banyak digunakan di seluruh dunia sebagai suplemen probiotik untuk mendukung kesehatan gastrointestinal dengan meningkatkan populasi bifidobacteria usus sehat sekaligus mengurangi jumlah organisme yang dapat menyebabkan penyakit.
 Saccharomyces boulardii bekerja dalam berbagai cara di dalam usus, tergantung pada jenis agen infeksi atau proses inflamasi yang menstimulasi sel usus. Dalam beberapa kasus infeksi diare, khamir ini akan berkompetisi dengan organisme yang menginfeksi dan khamir ini menang. Studi eksperimen memperlihatkan hasil bahwa Saccharomyces boulardii mempunyai sifat anti mikroba, sama baiknya dengan anti inflamasi dan anti racun. Mekanisme yang paling berpengaruh dari Saccharomyces boulardii adalah dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang mengandung racun, anti-inflammatory dan banyaknya efek stimulatory pada mukosa usus. S. boulardii menginaktifasi racun bakteri, menghambat racun yang mengikat pada reseptor usus dan mengurangi toksin yang disebabkan peradangan.

GAMBAR SACCHAROMYCES BOULARDII












 







            


















    TAKSONOMI SACCHAROMYCES BOULARDII

Saccharomyces boulardii
Kingdom:
Phylum:
Subphylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
S. boulardii
Saccharomyces boulardii
Henri Boulard

            MANFAAT SACCHAROMYCES BOULARDII
Saccharomyces boulardii lebih banyak digunakan untuk perawatan atau pencegahan beberapa penyakit, khususnya penyakit infeksi. Keuntungan atau peran Saccharomyces Boullardii yang paling utama adalah mencegah maupun mengobati penyakit diare akut. Selain itu, peran S. Boulardii terkait dengan pemeliharaan usus yaitu :
1.      Mencegah penyakit diare.
Saccharomyces boulardii adalah non-patogen jamur strain yang telah digunakan untuk pengobatan dan pencegahan diare. Saccharomyces boulardii diklasifikasikan sebagai "probiotik," atau mikroorganisme yang jika dikonsumsi oleh manusia bisa memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh manusia. Probiotik dapat memberi efek pada sistem pencernaan secara langsung dan dapat memodulasi sistem kekebalan tubuh dalam lingkup yang lebih besar.
a.       Penelitian pada manusia menunjukkan Saccharomyces boulardii antibiotik dapat mencegah diare terkait, Clostridium difficile diare dalam kombinasi dengan terapi antibiotik, dan diare akut pada anak. Penggunaan Saccharomyces boulardii dengan terapi antibiotik secara bersamaan, secara umum memberikan hasil yang positif. Hal ini terjadi hanya ketika penggunaan Saccharomyces boulardii dilanjutkan selama beberapa hari dan beberapa minggu setelah antibiotik dihentikan.
b.      Beberapa percobaan menunjukkan kemanjuran Saccharomyces boulardii dalam pengobatan diare pada anak. Penggunaan Saccharomyces boulardii mungkin menguntungkan pada pengurangan frekuensi tinja per hari dan durasi diare pada kelompok usia anak.
c.       . Pada penelitian Saccharomyces boulardii awal  telah menunjukkan bahwa Saccharomyces boulardii juga bermanfaat dalam mengobati diare yang berhubungan dengan HIV. Terkait dengan penyakit AIDS, masih dalam penelitian kecil yang telah dilakukan, pengobatan dengan Saccharomyces boulardii dapat meningkatkan kualitas hidup bagi pasien AIDS dengan diare kronis .perawatan harus dilakukan dalam merawat pasien.
2.      Membantu flora-flora yang ada di usus selama pemberian antibiotik.
3.   Meningkatkan jumlah bifidobakteria yang bermanfaat di usus besar, saat mendapat stimulasi dari bakteri patogenik clostridia.
4.      Mencegah efek racun yang disekresikan oleh bakteri pathogen di usus.
5.      Memproduksi racun anti jamur dan asam organik sebagai penghambat zat-zat merugikan yang disekresikan oleh spesies candida.
6.      Membantu menstimulasi imunitas tubuh dan menjaga kekebalan usus terhadap penyakit.
7.      Suplementasi dengan Saccharomyces boulardii dapat membantu perawatan dan perbaikan fungsi dari usus yang normal dengan berbagai macam cara.
Selain membantu dalam pemeliharaan usus. Saccharomyces Boulardii juga dapat mencegah beberapa penyakit pencernaan, yaitu seperti C. difficile disease, Inflammatory Bowel Disease, Irritable Bowel Syndrome, Gastroenteritis.

Peran Saccharomyces boulardii pada Penyakit Diare Akut

Ada dua penelitian yang masing-masing menunjukkan bahwa adanya penurunan yang signifikan dalam gejala gastroenteritis akut pada anak setelah diberikan konsumsi S. boulardii , dibandingkan dengan plasebo, dengan mengukur frekuensi buang air besar dan kriteria lainnya. Dosis untuk dapat mencegah diare yaitu 250 – 500 mg per hari. Di beberapa penelitian, 1 gram per hari dapat digunakan untuk mencegah diare. Jumlah khamir yang dapat digunakan untuk mencegah diare atau mengobati diare pada orang dewasa adalah 10 – 20 milyar perhari. Angka ini tidak selalu digunakan sebagai ukuran, tapi lebih kepada ukuran gram atau miligram.
Anak berumur di atas tiga bulan dianjurkan untuk mengonsumsi dua dosis kapsul 250 mg sehari selama lima hari untuk mengobati diare akut. Sedangkan anak yang berumur di bawah tiga bulan dianjurkan untuk mengonsumsi setengah kapsul 250 mg atau dua kali sehari selama lima hari. Sebuah studi plasebo prospektif terkontrol lain menemukan adanya pengurangan yang signifikan dalam gejala diare pada orang dewasa yang mengonsumsi 250 mg boulardii dua kali sehari selama lima hari atau sampai gejala hilang.
S. boulardii telah terbukti secara signifikan dapat meningkatkan laju pemulihan pasien AIDS stadium IV yang menderita diare dibandingkan dengan plasebo. Rata-rata, pasien yang menerima perawatan dengan S. boulardii bertambah berat badan, sementara pada kelompok plasebo mengalami penurunan berat badan selama 18 bulan penelitian. Tidak ditemukan laporan adanya reaksi negatif yang diamati pada immunocompromised pasien.
Interleukin 8 (IL-8) adalah sitokin proinflamasi yang dikeluarkan selama infeksi E coli di usus. S. boulardii telah terbukti dapat menurunkan sekresi IL-8 selama infeksi E. coli.  S. boulardii bisa memiliki efek perlindungan pada penyakit inflamasi usus. Saccharomyces boulardii menunjukkan potensi dari anti-inflamasinya melalui modulasi fenotipe fungsi sel dendritik, dan migrasi dengan menghambat respon imun mereka untuk antigen bakteri pengganti mikroba seperti lipopolisakarida (LPS).

Pemanfaatan Saccharomyces boulardii pada Industri Obat - Obatan

S. boulardii dapat dimanfaatkan sebagai kapsul supplement pencegah bakteri pathogen dalam saluran pencernaan, contohnya Candida Albicans, H. Pylori dan C. Deficille, penyebab diare akut dan segala penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan .

  Contoh produk :


       Saccharomyces boulardii Microbial Support - 60 Vegetarian Capsules
Dalam setiap 150 mg kapsul terdapat 3 milyar organisme Saccharomyces Boulardii, produk ini ditujukan kepada vegetarian, apabila mengkonsumsi produk ini dapat dicegah berbagai macam penyakit seperti C. difficile disease, Inflammatory Bowel Disease, Irritable Bowel Syndrome, Gastroenteritis.


Saccharomyces boulardii Plus Bio-Mos
Produk ini di desain untuk para travelers, karena setiap para tourist atau pendatang yang mendatangi ke suatu daerah, mereka akan beradaptasi dengan makanan yang ada di daerah tersebut. Produk ini sangat bermanfaat agar saluran pencernaan selalu terjaga kestabilannya. Produk ini simple dan sangat mudah di bawa, dalam  setiap kapsul terdapat 5 milyar organisme Saccharomyces Boulardii.

Kandungan dalam Suplemen :

Supplement Facts

Serving Size 1 Veggie Capsule

Amount Per Serving
% Daily Value
Saccharomyces boulardii(a subspecies of organisms† S. cerevisiae)
5 billion viable
*
Bio-Mos® FG,Yeast Cell Wall Extract from Saccharomyces cerevisiae, a source of mannanoligosaccharides (MOS)
200 mg
*
*Daily Value not established.
†At time of manufacture.

Konsumsi kapsul S. boulardii harus diambil di antara waktu makan. Jika seseorang mengalami kesulitan dalam menelan kapsul, maka kapsul dapat dibuka dan isinya dicampur dengan makanan semi-padat seperti saus apel atau minuman. Hindari penggunaan makanan panas atau minuman karena hal ini dapat mempengaruhi potensi dan aktivitas suplemen.


DAFTAR PUSTAKA

1.      Fardiaz, Srikandi. 1992. Mikrobiologi Pangan 1. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
2.      Lewis SJ, Freedman AR. Review article: the use of biotherapeutic agents in the prevention and treatment of gastrointestinal disease. Aliment Pharmacol Ther 1998;12:807-822.
3.      Chapoy P. Intestinal mode of action of Saccharomyces boulardii. Gastroenterol Clin Biol 1986;10:860-861. [Article in French]
4.      Can M, Besirbellioglu BA, Avci IY, et al. Prophylactic Saccharomyces boulardii in the prevention of antibiotic-associated diarrhea: a prospective study. Med Sci Monit. 2006;12(4):I19-I22.










           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar